Senin, 23 Juni 2014

Analysis tokoh nasional ' Bj Habibi'


ANALISIS TOKOH NASIONAL
 ‘ BJ HABIBI ‘



OLEH:
MIMI ARDIANTARI
(6012210002)





UNIVERSITAS PANCASILA
PSIKOLOGI
2014

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  BIOGRAFI BJ HABIBI
1.1.2. Bapak Teknologi dan Demokrasi Indonesia
Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie atau dikenal sebagai BJ Habibie (73 tahun) merupakan pria Pare-Pare (Sulawesi Selatan) kelahiran 25 Juni 1936. Habibie menjadi Presiden ke-3 Indonesia selama 1.4 tahun dan 2 bulan menjadi Wakil Presiden RI ke-7. Habibie merupakan “blaster” antara orang Jawa [ibunya] dengan orang Makasar/Pare-Pare [ayahnya].

Foto : BJ Habibie
Dimasa kecil, Habibie telah menunjukkan kecerdasan dan semangat tinggi pada ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya Fisika. Selama enam bulan, ia kuliah di Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung (ITB), dan dilanjutkan ke Rhenisch Wesfalische Tehnische Hochscule – Jerman pada 1955. Dengan dibiayai oleh ibunya,  R.A. Tuti Marini Puspowardoyo, Habibie muda menghabiskan 10 tahun untuk menyelesaikan studi S-1 hingga S-3 di Aachen-Jerman.
Berbeda dengan rata-rata mahasiswa Indonesia yang mendapat beasiswa di luar negeri, kuliah Habibie (terutama S-1 dan S-2) dibiayai langsung oleh Ibunya yang melakukan usaha catering dan indekost di Bandung setelah ditinggal pergi suaminya (ayah Habibie). Habibie mengeluti bidang Desain dan Konstruksi Pesawat di Fakultas Teknik Mesin. Selama lima tahun studi di Jerman akhirnya Habibie memperoleh gelar Dilpom-Ingenenieur atau diploma teknik (catatan : diploma teknik di Jerman umumnya disetarakan dengan gelar Master/S2 di negara lain) dengan predikat summa cum laude.
Pak Habibie melanjutkan program doktoral setelah menikahi teman SMA-nya, Ibu Hasri Ainun Besari pada tahun 1962. Bersama dengan istrinya tinggal di Jerman, Habibie harus bekerja untuk membiayai biaya kuliah sekaligus biaya rumah tangganya. Habibie mendalami bidang Desain dan Konstruksi Pesawat Terbang. Tahun 1965, Habibie menyelesaikan studi S-3 nya dan mendapat gelar Doktor Ingenieur (Doktor Teknik) dengan  indeks prestasi summa cum laude.
Karir di Industri
Selama menjadi mahasiswa tingkat doktoral, BJ Habibie sudah mulai bekerja untuk menghidupi keluarganya dan biaya studinya. Setelah lulus, BJ Habibie bekerja di Messerschmitt-Bölkow-Blohm  atau MBB Hamburg (1965-1969 sebagai Kepala Penelitian dan Pengembangan pada Analisis Struktrur Pesawat Terbang, dan kemudian menjabat Kepala Divisi Metode dan Teknologi pada industri pesawat terbang komersial dan militer di MBB (1969-1973). Atas kinerja dan kebriliannya, 4 tahun kemudian, ia dipercaya sebagai Vice President sekaligus Direktur Teknologi di MBB periode 1973-1978 serta menjadi Penasihast Senior bidang teknologi untuk Dewan Direktur MBB (1978 ). Dialah menjadi satu-satunya orang Asia yang berhasil menduduki jabatan nomor dua di perusahaan pesawat terbang Jerman ini.
Karir habibie sebelum umur 40 th sangat lah cemerlang sehingga beliau balik ke Indonesia dan bekerja untuk Indonesia dan terakhir dia di angkat menjadi wakil presiden oleh Bapak Soeharto dan kejayaan nya mulai cemerlang pas pada tahun 1998 renser nya soeharto, beliau menduduki jabatan presiden mengganti soeharto dan merendam suasana anarkis mahasiswa pada tahun 1998 itu. Dan akhir nya soeharto tidak lama mendudukin jabatan presiden dia pension dari jabatan nya dan dia memutuskan untuk menjadi rakyat biasa yang bersama keluarga nya dan akhir nya dengan kebersamaan bj habibi dan bu ainun, akhir nya bu ainun meninggalakn beliau duluan. Tetapi habibi masih tegar dan cinta sejati nya ke ibu ainun tidak hilang dan dia sekarang menjadi contoh untuk anak-anak bangsa lainnya.








BAB II
LADASAN TEORI
2.1. TEORI HUMANISTIK (ABRAHAM MASLOW)
Abraham Maslow mengembangkan teori kepribadian yang telah mempengaruhi sejumlah bidang yang berbeda, termasuk pendidikan. Ini pengaruh luas karena sebagian tingginya tingkat kepraktisan’s teori Maslow. Teori ini akurat menggambarkan realitas banyak dari pengalaman pribadi. Banyak orang menemukan bahwa mereka bisa memahami apa kata Maslow. Mereka dapat mengenali beberapa fitur dari pengalaman mereka atau perilaku yang benar dan dapat diidentifikasi tetapi mereka tidak pernah dimasukkan ke dalam kata-kata.
Maslow adalah seorang psikolog humanistik. Humanis tidak percaya bahwa manusia yang mendorong dan ditarik oleh kekuatan mekanik, salah satu dari rangsangan dan bala bantuan (behaviorisme) atau impuls naluriah sadar (psikoanalisis). Humanis berfokus pada potensi. Mereka percaya bahwa manusia berusaha untuk tingkat atas kemampuan. Manusia mencari batas-batas kreativitas, tertinggi mencapai kesadaran dan kebijaksanaan. Ini telah diberi label “berfungsi penuh orang”, “kepribadian sehat”, atau sebagai Maslow menyebut tingkat ini, “orang-aktualisasi diri.”
Maslow telah membuat teori hierarkhi kebutuhan. Semua kebutuhan dasar itu adalah instinctoid, setara dengan naluri pada hewan. Manusia mulai dengan disposisi yang sangat lemah yang kemudian kuno sepenuhnya sebagai orang tumbuh. Bila lingkungan yang benar, orang akan tumbuh lurus dan indah, aktualisasi potensi yang mereka telah mewarisi. Jika lingkungan tidak “benar” (dan kebanyakan tidak ada) mereka tidak akan tumbuh tinggi dan lurus dan indah.
Maslow telah membentuk sebuah hirarki dari lima tingkat kebutuhan dasar. Di luar kebutuhan tersebut, kebutuhan tingkat yang lebih tinggi ada. Ini termasuk kebutuhan untuk memahami, apresiasi estetik dan spiritual kebutuhan murni. Dalam tingkat dari lima kebutuhan dasar, orang tidak merasa perlu kedua hingga tuntutan pertama telah puas, maupun ketiga sampai kedua telah puas, dan sebagainya. Kebutuhan dasar Maslow adalah sebagai berikut:
1.  Kebutuhan Fisiologis
Ini adalah kebutuhan biologis. Mereka terdiri dari kebutuhan oksigen, makanan, air, dan suhu tubuh relatif konstan. Mereka adalah kebutuhan kuat karena jika seseorang tidak diberi semua kebutuhan, fisiologis yang akan datang pertama dalam pencarian seseorang untuk kepuasan.
2.  Kebutuhan Keamanan
Ketika semua kebutuhan fisiologis puas dan tidak mengendalikan pikiran lagi dan perilaku, kebutuhan keamanan dapat menjadi aktif. Orang dewasa memiliki sedikit kesadaran keamanan mereka kebutuhan kecuali pada saat darurat atau periode disorganisasi dalam struktur sosial (seperti kerusuhan luas). Anak-anak sering menampilkan tanda-tanda rasa tidak aman dan perlu aman.
3.  Kebutuhan Cinta, sayang dan kepemilikan
Ketika kebutuhan untuk keselamatan dan kesejahteraan fisiologis puas, kelas berikutnya kebutuhan untuk cinta, sayang dan kepemilikan dapat muncul. Maslow menyatakan bahwa orang mencari untuk mengatasi perasaan kesepian dan keterasingan. Ini melibatkan kedua dan menerima cinta, kasih sayang dan memberikan rasa memiliki.
4.  Kebutuhan Esteem
Ketika tiga kelas pertama kebutuhan dipenuhi, kebutuhan untuk harga bisa menjadi dominan. Ini melibatkan kebutuhan baik harga diri dan untuk seseorang mendapat penghargaan dari orang lain. Manusia memiliki kebutuhan untuk tegas, berdasarkan, tingkat tinggi stabil diri, dan rasa hormat dari orang lain. Ketika kebutuhan ini terpenuhi, orang merasa percaya diri dan berharga sebagai orang di dunia. Ketika kebutuhan frustrasi, orang merasa rendah, lemah, tak berdaya dan tidak berharga.
5.  Kebutuhan Aktualisasi Diri
Ketika semua kebutuhan di atas terpenuhi, maka dan hanya maka adalah kebutuhan untuk aktualisasi diri diaktifkan. Maslow menggambarkan aktualisasi diri sebagai orang perlu untuk menjadi dan melakukan apa yang orang itu “lahir untuk dilakukan.” “Seorang musisi harus bermusik, seniman harus melukis, dan penyair harus menulis.” Kebutuhan ini membuat diri mereka merasa dalam tanda-tanda kegelisahan. Orang itu merasa di tepi, tegang, kurang sesuatu, singkatnya, gelisah. Jika seseorang lapar, tidak aman, tidak dicintai atau diterima, atau kurang harga diri, sangat mudah untuk mengetahui apa orang itu gelisah tentang. Hal ini tidak selalu jelas apa yang seseorang ingin ketika ada kebutuhan untuk aktualisasi diri.
Teori hierarkhi kebutuhan sering digambarkan sebagai piramida,  lebih besar tingkat bawah mewakili kebutuhan yang lebih rendah, dan titik atas mewakili kebutuhan aktualisasi diri. Maslow percaya bahwa satu-satunya alasan bahwa orang tidak akan bergerak dengan baik di arah aktualisasi diri adalah karena kendala ditempatkan di jalan mereka oleh masyarakat negara. Dia bahwa pendidikan merupakan salah satu kendala. Dia merekomendasikan cara pendidikan dapat beralih dari orang biasa-pengerdilan taktik untuk tumbuh pendekatan orang. Maslow menyatakan bahwa pendidik harus menanggapi potensi individu telah untuk tumbuh menjadi orang-aktualisasi diri / jenis-nya sendiri. Sepuluh poin yang pendidik harus alamat yang terdaftar:
  1. Kita harus mengajar orang untuk menjadi otentik, untuk menyadari diri batin mereka dan mendengar perasaan mereka-suara batin.
  2. Kita harus mengajar orang untuk mengatasi pengkondisian budaya mereka dan menjadi warga negara dunia.
  3. Kita harus membantu orang menemukan panggilan mereka dalam hidup, panggilan mereka, nasib atau takdir. Hal ini terutama difokuskan pada menemukan karier yang tepat dan pasangan yang tepat.
  4. Kita harus mengajar orang bahwa hidup ini berharga, bahwa ada sukacita yang harus dialami dalam kehidupan, dan jika orang yang terbuka untuk melihat yang baik dan gembira dalam semua jenis situasi, itu membuat hidup layak.
  5. Kita harus menerima orang seperti dia atau dia dan membantu orang belajar sifat batin mereka. Dari pengetahuan yang sebenarnya bakat dan keterbatasan kita bisa tahu apa yang harus membangun di atas, apa potensi yang benar-benar ada.
  6. Kita harus melihat itu kebutuhan dasar orang dipenuhi. Ini mencakup keselamatan, belongingness, dan kebutuhan harga diri.
  7. Kita harus refreshen kesadaran, mengajar orang untuk menghargai keindahan dan hal-hal baik lainnya di alam dan dalam hidup.
  8. Kita harus mengajar orang bahwa kontrol yang baik, dan lengkap meninggalkan yang buruk. Dibutuhkan kontrol untuk meningkatkan kualitas hidup di semua daerah.
  9. Kita harus mengajarkan orang untuk mengatasi masalah sepele dan bergulat dengan masalah serius dalam kehidupan. Ini termasuk masalah ketidakadilan, rasa sakit, penderitaan, dan kematian.
  10. Kita harus mengajar orang untuk menjadi pemilih yang baik. Mereka harus diberi latihan dalam membuat pilihan yang baik














BAB III
ANALYSIS TOKOH

3.1 ANALYSIS TOKOH BERDASARKAN TEORI MASLOW
            Bj habibi adalah seorang panutan bagi anak bangsa yang terus berkembang, karena dari melihat karir dan kehidupan habibi terkenal dengan kepintaran dan rasa percaya yang luar biasa untuk maju. Karakter bj habibi adalah orang yang tenang dan punya usaha yang luar biasa untuk mencapai kesuksesan, kalau kita melihat dari sudut pandang teori humanistic maslow, hierarki kebutuhan, ialah:
1.      Fisiologis habibie sangat terpenuhi, karena habibi juga berasal dari keluarga yang ekonomi nya cukup dan ibu nya juga seorang pengusaha. Dari segi keuangan, pendidikan dan dll tercukupi sehingga habibie dapat menyelesaikan S3 nya di belanda.
2.      Keamanan: rasa aman yang dimiliki habibi sudah cukup, karena beliau berasal dari keluarga yang baik, dan lingkungan tempat tinggal dia sejak lahir maupun dia kuliah sangat baik. Dan beliau sangat deket dengan ibunya, sehingga rasa aman dari kecil hingga dia besar pun terpenuhi.
3.      Cinta dan penerimaan: beliau sangat terpenihu karena dia mendapatkan rasa cinta dan kasih sayang dari kedua orang tua dan istrinya ainun yang sangat mencintainya dan menerima nya, dari segi lingkungan dan masyarakat pun dia diterima sangat baik bahkan dia menjadi seorang presiden untuk Indonesia. Bukan hanya di Indonesia saja dia diterima, di negeri orang pun dia diterima dengan kejeniusan nya membuat pesawat.
4.      Harga diri: beliau terpenuhi, karena dia dihargai semua orang dimacam Negara karena karya dan prestasi nya yang luar biasa, bahkan dia menjadi contoh anak bangsa dalam berprestasi.
5.      Aktualisasi diri: habibi sudah mencapai tingkat aktualisasi dirinya, karena dengan prestasinya beliau memiliki apa yang dia inginkan dan dambakan, beliau dari kecil terkenal pintar dan ulet dalam mengerjar sesuatu, sehingga sampai dia menjadi seorang yang membuat pesawat sendiri, dan karya nya menjadi sebuah sumbangan yang besar untuk bangsa Indonesia. Dan tidak sampai disitu habibi pun menjadi wakil presiden kemudia menjadi presiden. Dengan kejujuranya dia dikenal sebagai manusia jenius dan akhirnya ketika dia ditinggal oleh istrinya ainun, dan tidak jatuh karena dia memiliki anak laki-laki, menantu, dan cucu yang menemanin nya. Di usianya yang tidak mudah lagi dia menjadi sebuah contoh untuk anak bangsa lainya dalam mengejar impian menjadi sukses. Habibi saat ini menikamti kehidupan bersama keluarganya.




BAB IV
PENUTUP

4.1. KESIMPULAN
            Kehidupan adalah hal yang dimiliki oleh semua orang, setiap orang memiliki impian dan harapan kehidupan menjadi baik. Hal ini bagaimana kita dapat menjalankan hidup dengan baik dan usaha byang benar-benar, sehingga impian dan cita-cita tercapai. Dari kisah kehidupan Bj Habibi adalah sebuah contoh yang patut diikutin, karena beliau dengan usahanya yang luar biasa mengantarkan nya menjadi seseorang yang luar biasa untuk bangsa Indonesia.

4.2. DISKUSI
            Tokoh habibi  adalah seseorang yang sukses dalam segala hal, dengan kesuksesan nya menjadi sebuah kebanggaan Indonesia memiliki anak bangsa yang luar biasa. Sehingga saya sendiri sangat  takjub dengan kepintaran dan usaha bj habibi dalam kehidupanya. Anaylisis yang saya lakukan berdasarkan teori Maslow adalah sebuah gambaran dimana kehidupan seseorang memiliki tahapan dan kebutuhan yang terpenuhi, sehingga sampai di pucak kebutuhan yang sangat tinggi. Bj habibi dikenal orang yang tenang dan jujur, sehingga ini bisa menjadi sebuah panutan untuk kita semua dalam kehidupan dan bisa merapkannya.






















Daftar Pustaka
Feist, J & Feist. (2010). Teori Kepribadian, edisi 7, buku 1. Jakarta: Salemba Humanika
Sumber lain:
belajarpsikologi.com/teori-hierarki-kebutuhan-maslow

1 komentar:

  1. Bayar Pakai Dengan Pulsa AXIS XL TELKOMSEL

    Anda Dapat Bermain Setiap Hari dan Selalu Menang Bersama Poker Vit
    Capsa Susun, Bandar Poker,QQ Online, Adu Q, dan Bandar Q

    Situs Situs Tersedia bebebagai jenis Permainan games online lain

    Sabung Ayam S1288, CF88, SV388, Sportsbook, Casino Online,
    Togel Online, Bola Tangkas Slots Games, Tembak Ikan, Casino

    Terima semua BANK Nasional dan Daerah, OVO GOPAY

    Whatsapp : 0812-222-2996

    POKERVITA

    BalasHapus