ANALISIS
TOKOH NASIONAL
‘ BJ HABIBI ‘
OLEH:
MIMI
ARDIANTARI
(6012210002)
UNIVERSITAS
PANCASILA
PSIKOLOGI
2014
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 BIOGRAFI BJ HABIBI
1.1.2.
Bapak
Teknologi dan Demokrasi Indonesia
Prof.
DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie atau dikenal sebagai BJ
Habibie (73 tahun) merupakan pria Pare-Pare (Sulawesi Selatan) kelahiran 25
Juni 1936. Habibie menjadi Presiden ke-3 Indonesia selama 1.4 tahun dan 2 bulan
menjadi Wakil Presiden RI ke-7. Habibie merupakan “blaster” antara orang Jawa
[ibunya] dengan orang Makasar/Pare-Pare [ayahnya].
Foto
: BJ Habibie
Dimasa
kecil, Habibie telah menunjukkan kecerdasan dan semangat tinggi pada ilmu
pengetahuan dan teknologi khususnya Fisika. Selama enam bulan, ia kuliah di
Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung (ITB), dan dilanjutkan
ke Rhenisch Wesfalische Tehnische Hochscule – Jerman pada 1955. Dengan dibiayai
oleh ibunya, R.A. Tuti Marini Puspowardoyo, Habibie muda menghabiskan 10
tahun untuk menyelesaikan studi S-1 hingga S-3 di Aachen-Jerman.
Berbeda
dengan rata-rata mahasiswa Indonesia yang mendapat beasiswa di luar negeri,
kuliah Habibie (terutama S-1 dan S-2) dibiayai langsung oleh Ibunya yang
melakukan usaha catering dan indekost di Bandung setelah ditinggal pergi
suaminya (ayah Habibie). Habibie mengeluti bidang Desain dan Konstruksi Pesawat
di Fakultas Teknik Mesin. Selama lima tahun studi di Jerman akhirnya Habibie
memperoleh gelar Dilpom-Ingenenieur atau diploma teknik (catatan : diploma
teknik di Jerman umumnya disetarakan dengan gelar Master/S2 di negara lain)
dengan predikat summa cum laude.
Pak
Habibie melanjutkan program doktoral setelah menikahi teman SMA-nya, Ibu Hasri
Ainun Besari pada tahun 1962. Bersama dengan istrinya tinggal di Jerman,
Habibie harus bekerja untuk membiayai biaya kuliah sekaligus biaya rumah
tangganya. Habibie mendalami bidang Desain dan Konstruksi Pesawat Terbang.
Tahun 1965, Habibie menyelesaikan studi S-3 nya dan mendapat gelar Doktor
Ingenieur (Doktor Teknik) dengan indeks prestasi summa cum laude.
Karir di Industri
Selama
menjadi mahasiswa tingkat doktoral, BJ Habibie sudah mulai bekerja untuk
menghidupi keluarganya dan biaya studinya. Setelah lulus, BJ Habibie bekerja di
Messerschmitt-Bölkow-Blohm atau MBB Hamburg (1965-1969 sebagai Kepala
Penelitian dan Pengembangan pada Analisis Struktrur Pesawat Terbang, dan
kemudian menjabat Kepala Divisi Metode dan Teknologi pada industri pesawat
terbang komersial dan militer di MBB (1969-1973). Atas kinerja dan
kebriliannya, 4 tahun kemudian, ia dipercaya sebagai Vice President sekaligus
Direktur Teknologi di MBB periode 1973-1978 serta menjadi Penasihast Senior
bidang teknologi untuk Dewan Direktur MBB (1978 ). Dialah menjadi
satu-satunya orang Asia yang berhasil menduduki jabatan nomor dua di perusahaan
pesawat terbang Jerman ini.
Karir
habibie sebelum umur 40 th sangat lah cemerlang sehingga beliau balik ke
Indonesia dan bekerja untuk Indonesia dan terakhir dia di angkat menjadi wakil
presiden oleh Bapak Soeharto dan kejayaan nya mulai cemerlang pas pada tahun
1998 renser nya soeharto, beliau menduduki jabatan presiden mengganti soeharto
dan merendam suasana anarkis mahasiswa pada tahun 1998 itu. Dan akhir nya
soeharto tidak lama mendudukin jabatan presiden dia pension dari jabatan nya
dan dia memutuskan untuk menjadi rakyat biasa yang bersama keluarga nya dan
akhir nya dengan kebersamaan bj habibi dan bu ainun, akhir nya bu ainun
meninggalakn beliau duluan. Tetapi habibi masih tegar dan cinta sejati nya ke ibu
ainun tidak hilang dan dia sekarang menjadi contoh untuk anak-anak bangsa
lainnya.
BAB
II
LADASAN
TEORI
2.1.
TEORI HUMANISTIK (ABRAHAM MASLOW)
Abraham Maslow mengembangkan teori kepribadian
yang telah mempengaruhi sejumlah bidang yang berbeda, termasuk pendidikan. Ini
pengaruh luas karena sebagian tingginya tingkat kepraktisan’s teori Maslow.
Teori ini akurat menggambarkan realitas banyak dari pengalaman pribadi. Banyak
orang menemukan bahwa mereka bisa memahami apa kata Maslow. Mereka dapat
mengenali beberapa fitur dari pengalaman mereka atau perilaku yang benar dan
dapat diidentifikasi tetapi mereka tidak pernah dimasukkan ke dalam kata-kata.
Maslow
adalah seorang psikolog humanistik. Humanis tidak percaya bahwa
manusia yang mendorong dan ditarik oleh kekuatan mekanik, salah satu dari
rangsangan dan bala bantuan (behaviorisme) atau impuls naluriah sadar
(psikoanalisis). Humanis berfokus pada potensi. Mereka percaya bahwa manusia
berusaha untuk tingkat atas kemampuan. Manusia mencari batas-batas kreativitas,
tertinggi mencapai kesadaran dan kebijaksanaan. Ini telah diberi label
“berfungsi penuh orang”, “kepribadian sehat”, atau sebagai Maslow menyebut
tingkat ini, “orang-aktualisasi diri.”
Maslow
telah membuat teori hierarkhi kebutuhan.
Semua kebutuhan dasar itu adalah instinctoid, setara dengan naluri pada hewan.
Manusia mulai dengan disposisi yang sangat lemah yang kemudian kuno sepenuhnya
sebagai orang tumbuh. Bila lingkungan yang benar, orang akan tumbuh lurus dan
indah, aktualisasi potensi yang mereka telah mewarisi. Jika lingkungan tidak
“benar” (dan kebanyakan tidak ada) mereka tidak akan tumbuh tinggi dan lurus
dan indah.
Maslow
telah membentuk sebuah hirarki dari lima tingkat kebutuhan dasar. Di luar
kebutuhan tersebut, kebutuhan tingkat yang lebih tinggi ada. Ini termasuk
kebutuhan untuk memahami, apresiasi estetik dan spiritual kebutuhan murni.
Dalam tingkat dari lima kebutuhan dasar, orang tidak merasa perlu kedua hingga
tuntutan pertama telah puas, maupun ketiga sampai kedua telah puas, dan
sebagainya. Kebutuhan dasar Maslow
adalah sebagai berikut:
1.
Kebutuhan Fisiologis
Ini
adalah kebutuhan biologis. Mereka terdiri dari kebutuhan oksigen, makanan, air,
dan suhu tubuh relatif konstan. Mereka adalah kebutuhan kuat karena jika
seseorang tidak diberi semua kebutuhan, fisiologis yang akan datang pertama
dalam pencarian seseorang untuk kepuasan.
2.
Kebutuhan Keamanan
Ketika
semua kebutuhan fisiologis puas dan tidak mengendalikan pikiran lagi dan
perilaku, kebutuhan keamanan dapat menjadi aktif. Orang dewasa memiliki sedikit
kesadaran keamanan mereka kebutuhan kecuali pada saat darurat atau periode disorganisasi
dalam struktur sosial (seperti kerusuhan luas). Anak-anak sering menampilkan
tanda-tanda rasa tidak aman dan perlu aman.
3. Kebutuhan Cinta, sayang dan
kepemilikan
Ketika
kebutuhan untuk keselamatan dan kesejahteraan fisiologis puas, kelas berikutnya
kebutuhan untuk cinta, sayang dan kepemilikan dapat muncul. Maslow menyatakan
bahwa orang mencari untuk mengatasi perasaan kesepian dan keterasingan. Ini
melibatkan kedua dan menerima cinta, kasih sayang dan memberikan rasa memiliki.
4. Kebutuhan Esteem
Ketika
tiga kelas pertama kebutuhan dipenuhi, kebutuhan untuk harga bisa menjadi
dominan. Ini melibatkan kebutuhan baik harga diri dan untuk seseorang mendapat
penghargaan dari orang lain. Manusia memiliki kebutuhan untuk tegas,
berdasarkan, tingkat tinggi stabil diri, dan rasa hormat dari orang lain.
Ketika kebutuhan ini terpenuhi, orang merasa percaya diri dan berharga sebagai
orang di dunia. Ketika kebutuhan frustrasi, orang merasa rendah, lemah, tak
berdaya dan tidak berharga.
5. Kebutuhan Aktualisasi Diri
Ketika
semua kebutuhan di atas terpenuhi, maka dan hanya maka adalah kebutuhan untuk
aktualisasi diri diaktifkan. Maslow menggambarkan aktualisasi diri sebagai
orang perlu untuk menjadi dan melakukan apa yang orang itu “lahir untuk
dilakukan.” “Seorang musisi harus bermusik, seniman harus melukis, dan penyair
harus menulis.” Kebutuhan ini membuat diri mereka merasa dalam tanda-tanda
kegelisahan. Orang itu merasa di tepi, tegang, kurang sesuatu, singkatnya,
gelisah. Jika seseorang lapar, tidak aman, tidak dicintai atau diterima, atau
kurang harga diri, sangat mudah untuk mengetahui apa orang itu gelisah tentang.
Hal ini tidak selalu jelas apa yang seseorang ingin ketika ada kebutuhan untuk
aktualisasi diri.
Teori hierarkhi kebutuhan sering digambarkan sebagai piramida, lebih besar
tingkat bawah mewakili kebutuhan yang lebih rendah, dan titik atas mewakili
kebutuhan aktualisasi diri. Maslow percaya bahwa satu-satunya alasan bahwa
orang tidak akan bergerak dengan baik di arah aktualisasi diri adalah karena
kendala ditempatkan di jalan mereka oleh masyarakat negara. Dia bahwa
pendidikan merupakan salah satu kendala. Dia merekomendasikan cara pendidikan
dapat beralih dari orang biasa-pengerdilan taktik untuk tumbuh pendekatan
orang. Maslow menyatakan bahwa pendidik harus menanggapi potensi individu telah
untuk tumbuh menjadi orang-aktualisasi diri / jenis-nya sendiri. Sepuluh poin
yang pendidik harus alamat yang terdaftar:
- Kita harus mengajar orang untuk menjadi otentik, untuk menyadari diri batin mereka dan mendengar perasaan mereka-suara batin.
- Kita harus mengajar orang untuk mengatasi pengkondisian budaya mereka dan menjadi warga negara dunia.
- Kita harus membantu orang menemukan panggilan mereka dalam hidup, panggilan mereka, nasib atau takdir. Hal ini terutama difokuskan pada menemukan karier yang tepat dan pasangan yang tepat.
- Kita harus mengajar orang bahwa hidup ini berharga, bahwa ada sukacita yang harus dialami dalam kehidupan, dan jika orang yang terbuka untuk melihat yang baik dan gembira dalam semua jenis situasi, itu membuat hidup layak.
- Kita harus menerima orang seperti dia atau dia dan membantu orang belajar sifat batin mereka. Dari pengetahuan yang sebenarnya bakat dan keterbatasan kita bisa tahu apa yang harus membangun di atas, apa potensi yang benar-benar ada.
- Kita harus melihat itu kebutuhan dasar orang dipenuhi. Ini mencakup keselamatan, belongingness, dan kebutuhan harga diri.
- Kita harus refreshen kesadaran, mengajar orang untuk menghargai keindahan dan hal-hal baik lainnya di alam dan dalam hidup.
- Kita harus mengajar orang bahwa kontrol yang baik, dan lengkap meninggalkan yang buruk. Dibutuhkan kontrol untuk meningkatkan kualitas hidup di semua daerah.
- Kita harus mengajarkan orang untuk mengatasi masalah sepele dan bergulat dengan masalah serius dalam kehidupan. Ini termasuk masalah ketidakadilan, rasa sakit, penderitaan, dan kematian.
- Kita harus mengajar orang untuk menjadi pemilih yang baik. Mereka harus diberi latihan dalam membuat pilihan yang baik
BAB
III
ANALYSIS
TOKOH
3.1
ANALYSIS TOKOH BERDASARKAN TEORI MASLOW
Bj habibi adalah
seorang panutan bagi anak bangsa yang terus berkembang, karena dari melihat
karir dan kehidupan habibi terkenal dengan kepintaran dan rasa percaya yang
luar biasa untuk maju. Karakter bj habibi adalah orang yang tenang dan punya
usaha yang luar biasa untuk mencapai kesuksesan, kalau kita melihat dari sudut
pandang teori humanistic maslow, hierarki kebutuhan, ialah:
1.
Fisiologis habibie sangat terpenuhi,
karena habibi juga berasal dari keluarga yang ekonomi nya cukup dan ibu nya
juga seorang pengusaha. Dari segi keuangan, pendidikan dan dll tercukupi
sehingga habibie dapat menyelesaikan S3 nya di belanda.
2.
Keamanan: rasa aman yang dimiliki habibi
sudah cukup, karena beliau berasal dari keluarga yang baik, dan lingkungan
tempat tinggal dia sejak lahir maupun dia kuliah sangat baik. Dan beliau sangat
deket dengan ibunya, sehingga rasa aman dari kecil hingga dia besar pun
terpenuhi.
3.
Cinta dan penerimaan: beliau sangat
terpenihu karena dia mendapatkan rasa cinta dan kasih sayang dari kedua orang
tua dan istrinya ainun yang sangat mencintainya dan menerima nya, dari segi lingkungan
dan masyarakat pun dia diterima sangat baik bahkan dia menjadi seorang presiden
untuk Indonesia. Bukan hanya di Indonesia saja dia diterima, di negeri orang
pun dia diterima dengan kejeniusan nya membuat pesawat.
4.
Harga diri: beliau terpenuhi, karena dia
dihargai semua orang dimacam Negara karena karya dan prestasi nya yang luar
biasa, bahkan dia menjadi contoh anak bangsa dalam berprestasi.
5.
Aktualisasi diri: habibi sudah mencapai
tingkat aktualisasi dirinya, karena dengan prestasinya beliau memiliki apa yang
dia inginkan dan dambakan, beliau dari kecil terkenal pintar dan ulet dalam
mengerjar sesuatu, sehingga sampai dia menjadi seorang yang membuat pesawat
sendiri, dan karya nya menjadi sebuah sumbangan yang besar untuk bangsa
Indonesia. Dan tidak sampai disitu habibi pun menjadi wakil presiden kemudia
menjadi presiden. Dengan kejujuranya dia dikenal sebagai manusia jenius dan
akhirnya ketika dia ditinggal oleh istrinya ainun, dan tidak jatuh karena dia
memiliki anak laki-laki, menantu, dan cucu yang menemanin nya. Di usianya yang
tidak mudah lagi dia menjadi sebuah contoh untuk anak bangsa lainya dalam
mengejar impian menjadi sukses. Habibi saat ini menikamti kehidupan bersama
keluarganya.
BAB IV
PENUTUP
4.1. KESIMPULAN
Kehidupan adalah hal yang dimiliki
oleh semua orang, setiap orang memiliki impian dan harapan kehidupan menjadi
baik. Hal ini bagaimana kita dapat menjalankan hidup dengan baik dan usaha
byang benar-benar, sehingga impian dan cita-cita tercapai. Dari kisah kehidupan
Bj Habibi adalah sebuah contoh yang patut diikutin, karena beliau dengan
usahanya yang luar biasa mengantarkan nya menjadi seseorang yang luar biasa
untuk bangsa Indonesia.
4.2. DISKUSI
Tokoh
habibi adalah seseorang yang sukses
dalam segala hal, dengan kesuksesan nya menjadi sebuah kebanggaan Indonesia
memiliki anak bangsa yang luar biasa. Sehingga saya sendiri sangat takjub dengan kepintaran dan usaha bj habibi
dalam kehidupanya. Anaylisis yang saya lakukan berdasarkan teori Maslow adalah
sebuah gambaran dimana kehidupan seseorang memiliki tahapan dan kebutuhan yang
terpenuhi, sehingga sampai di pucak kebutuhan yang sangat tinggi. Bj habibi
dikenal orang yang tenang dan jujur, sehingga ini bisa menjadi sebuah panutan
untuk kita semua dalam kehidupan dan bisa merapkannya.
Daftar Pustaka
Feist,
J & Feist. (2010). Teori Kepribadian, edisi 7, buku 1. Jakarta:
Salemba Humanika
Sumber lain:
belajarpsikologi.com/teori-hierarki-kebutuhan-maslow
Bayar Pakai Dengan Pulsa AXIS XL TELKOMSEL
BalasHapusAnda Dapat Bermain Setiap Hari dan Selalu Menang Bersama Poker Vit
Capsa Susun, Bandar Poker,QQ Online, Adu Q, dan Bandar Q
Situs Situs Tersedia bebebagai jenis Permainan games online lain
Sabung Ayam S1288, CF88, SV388, Sportsbook, Casino Online,
Togel Online, Bola Tangkas Slots Games, Tembak Ikan, Casino
Terima semua BANK Nasional dan Daerah, OVO GOPAY
Whatsapp : 0812-222-2996
POKERVITA